Ini Nama-nama Calon PAW 6 Anggota DPRD Riau yang Mundur Karena Maju Pilkada      

Gedung DPRD Riau

PEKANBARU - Enam wajah baru bakal segera menghiasi DPRD Riau. Mereka akan menggantikan 6 orang anggota DPRD Riau yang mundur karena maju pada Pilkada serentak 2020 di sejumlah daerah.

Berdasarkan Undang Undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016, anggota legislatif yang maju Pilkada harus mengundurkan diri dari dewan.

Lalu siapa penggantinya? Berdasarkan PKPU nomor 6 tahun 2019, apabila ada calon yang berhalangan tetap, maka Caleg suara terbanyak di bawahnya naik mengisi kursi yang ditinggalkan sebagai Pergantian Antar Waktu (PAW).

Berdasarkan data yang dihimpun CAKAPLAH.com dari form DC1 hasil Pileg 2019, adapun calon PAW Zukri Misran (PDIP) dapil Siak - Pelalawan yang meraih 24.016 suara dalam Pileg adalah Piter Marpaung. Pada Pileg lalu Piter meraih 6.136 suara.

Selanjutnya, calon PAW Asri Auzar (Demokrat) dapil Rohil yang meraih 16.530 suara adalah Zulkifli Indra yang pada Pileg lalu meraih 1.421 suara.

Kemudian calon PAW Indra Gunawan Eet (Golkar) dapil Dumai, Meranti dan Bengkalis yang meraih 25.905 suara adalah Yanti Komala Sari yang meraih 8.426 suara.

Sementara calon PAW Komperensi (PAN) dapil Inhu - Kuansing yang pada Pileg lalu meraih 13.741 suara adalah Mardinto Manan yang meraih 3.193 suara.

Selanjutnya, calon PAW dari M Adil (PKB) dapil Dumai, Meranti dan Bengkalis yang meraih 10.164 suara adalah Misliadi yang pada Pileg lalu meraih 8.426 suara.

Terakhir, calon PAW Husni Thamrin (Gerindra) Dapil Siak - Pelalawan yang meraih 19.096 suara, adalah Dona Sri Utami yang pada Pileg lalu meraih 3.892 suara.

Belum Diajukan

Komisioner KPU Riau Nugroho Noto Susanto Nugroho mengatakan, sampai saat ini permohonan PAW dari DPRD belum sampai ke KPU Riau.

"Permohonan dari DPRD Provinsi Riau belum masuk. Kalau ada surat masuk tentu segera kami respon paling lama 5 hari sejak surat diterima. Nanti kita akan melakukan pleno kembali untuk menentukan suara terbanyak setelah adanya calon yang berhalangan tetap dan harus di-PAW-kan," ujarnya.






[Ikuti Indovizka.com Melalui Sosial Media]


Tulis Komentar